Cute Ghost Boo MANAJEMEN STRATEGIK INDUSTRI RUMAH TANGGA PEMBUAT TAHU DUSUN TAPEN LOR JOMBANG | Hiii This IS PANDU :)

MANAJEMEN STRATEGIK INDUSTRI RUMAH TANGGA PEMBUAT TAHU DUSUN TAPEN LOR JOMBANG

by 20.50 0 komentar

LATAR BELAKANG

Industri rumah tangga ini memproduksi tahu kuning dan tahu putih sebagai produknya. Pemiliknya bernama Bu Desi. usaha ini sudah berdiri sejak tahun 1965. ibu dari bu desi lah yang mendirikan usaha ini dan sekarang mewariskan usahanya ke bu desi sebagai anaknya. industri pembuat tahu ini berlokasi di dusun tapen lor Jombang.didusun tapen lor ini banyak sekali industri rumah tanga yang memproduksi tahu seperti Bu desi. untuk nama industri tahu ini tidak dinamakan dan tidak dipatenkan merknya memang karena menurut bu desi usahanya masih terbilang usaha kecil dan usaha rumahan. dalam sehari industri bu desi bisa memproduksi 1000 tahu. dimana tahu ini dijual Rp 900 per bijinya. jika membeli dalam jumlah banyak dan merupakan pelanggan yang sering membeli, Bu desi memberikan harga Rp 500 perbijinya .Bu desi memiliki 2 orang pekerja yang membantu proses produksinya. 2 orang karyawannya diberi upah Rp 75.000 per hari. omset perharinya bisa mencapai kurang lebih Rp 500.000 sampai Rp 600.000.omset sebesar ini jika tidak ada pesanan. jika ada pesanan omset bisa mencapai Rp1.000.000 per hari. 


Saat saya menanyakan visi misi tujuan dan sasaran bisnisnya bu desi hanya menjawab 
" pokoknya tahunya bisa habis mas tiap harinya, jadi uangnya bisa buat pegangan hidup saya untuk makan dan kebutuhan sehari hari."
padahal dalam manajemen strategik untuk memenangkan tujuan bisnis, kita harus berfikir untuk menang dengan mempunyai  visi misi tujuan dan sasaran yang SMART (Specifik = jelas, Measurable =teukur, Achievable = dapat dicapai, Reliable = sesuai dengan kenyataan , Timely = mempunyai batasan waktu yang jelas)

Jadi disini saya mencoba membantu Bu Desi untuk menciptakan visi misi tujuan dan sasaran untuk industri tahunya sesuai dengan kondisi yang saya amati pada usaha bisnisnya.

VISI

Menjadi industri Tahu yang besar dan produknya disukai oleh masyarakat indonesia dan di luar indonesia

MISI


  • selalu mengutamakan kualitas dan citarasa yang terbaik. dengan motto biarkan rasa dan kualitas yang berbicara.
  • selalu mengembangkan inovasi produk dan mempunyai nilai lebih sehingga bisa bersaing dengan pengusaha tahu lainnya.
  • memperluas pemasaran dan saluran distribusi seluas luasnya.
TUJUAN
  • Membantu pemerintah dalam upaya pemenuhan asupan gizi masyarakat melalui produk tahu yang harganya murah tetapi kaya protein dan gizi.
  • melestarikan tahu yang merupakan makanan traditional indonesia sehingga tidak hilang serta memperkenalkan tahu ini ke negara negara lainnya.
SASARAN
5 Tahun ke depan 


  • menjadi industri tahu terbesar di dusun tapen lor jombang
  • mempunyai omset Rp 3.000.000 perharinya
  • mampu memproduksi dan menjual tahu sebanyak 3000 tahu perharinya
10 tahun ke depan
  • mempunyai anak cabang di beberapa kota besar di pulau jawa seperti surabaya dan jakarta.
  • mempunyai omset Rp 5.000.000 perharinya
  • mampu memproduksi dan menjual tahu sebanyak 5000 tahu perharinya.
15 tahun ke depan
  • mulai mengekspor Tahu ke negara negara tetangga contohnya singapura dan malaysia
  • mempunyai omset Rp 10.000.000 perharinya
  • mampu memproduksi dan menjual tahu sebanyak 7000 tahu perharinya
  • mendapatkan penghargaan penghargaan bergengsi dari pemerintah

ANALISIS VISI MISI TUJUAN DAN SASARAN VERSI SAYA UNTUK INDUSTRI BU DESI

visi misi tujuan dan sasaran industri tahu bu desi ini awalnya kurang sesuai. setelah saya bantu desainkan , visi misi tujuan dan sasaran industri bu desi menjadi lebih tepat karena sesuai dengan kaidah SMART
dimana visi misi tujuan dan sasaran ini

1.spesifik : dijelaskan secara jelas dan rinci dan bukan hanya gambaran umum saja


2.measurable : dapat diukurnya keinginan yang ingin dicapai contohnya dari jumlah omset dan jumlah produksi


3.achievable: semua yg ada di visi misi tujuan dan sasaran untuk industri bu Desi bukanlah hal yang mustahil untuk dicapai dengan melihat potensi yang ada pada industri tahu bu Desi


4.reliable : semua visi misi tujuan dan sasaran untuk industri bu Desi ini sesuai dengan kenyataan keadaan dan potensi yg dimilikinya


5.timely : sasaran pada industri tahu bu Desi ini disertai dengan target waktunya sehingga bu desi bisa tau apa yg harus dilakukan dan sampai mana kemajuan usahanya



STRENGTH



  • Kekuatan utama industri bu Desi ada pada cita rasa tahu yang unggul dibanding pesaing pesaingnya
  • Tahu bu Desi ini tidak mudah basi dan rusak meski tahu ini dibawa keluar kota dan tanpa bahan pengawet tentunya. rata rata tahu pesaingnya akan berubah busuk atau berubah rasa jika di bawa keluar kota tanpa disimpan di lemari es dan tidak akan tahan lebih dari 1 hari. setelah 1 hari tahu tahu pesaingnya akan berubah rasa bau dan bahkan cepat busuk. sedangkan tahu Bu Desi bisa tahan 3 hari tanpa ada perubahan rasa bau dan tidak busuk. hal ini sering diungkapkan dari beberapa pelanggannya
  • Bu Desi mempunyai 1 karyawan ahli pembuat tahu yang sudah sangat berpengalaman karena lamanya bekerja disuatu pabrik tahu yang cukup besar di Jombang


WEAKNESS



  • Kelemahannya adalah kurangnya sumber daya manusia yang ada untuk membantu proses produksinya. Sebenernya banyak sekali pelanggan yang meminta bu Desi untuk meningkatkan jumlah produksinya. tetapi hal ini terkendala di tenaga bu Desi yang sudah mulai lemah di usia senjanya. ditambah lagi susahnya mencari karyawan untuk pembuatan tahu disana karena mayoritas banyak penduduk muda daerah jombang yg merantau mencari kerja di kota kota besar.



Opportunity



  • Permintaan tahu akan meningkat setiap hari kamis , sabtu , dan saat musim panen tiba.setiap hari kamis banyak konsumen yang membutuhkan tahu untuk disedekahkan di masjid masjid. setiap hari sabtu banyak sanak keluarga dari tempat rantauan pulang ke jombang sehingga  banyak keluarga yang memasak lebih dari jumlsh biasanya. saat musim panen banyak masyarakat yang mendapatkan uang sehingga banyak juga yang menggunakan uang itu untuk membeli tahu sebagai cadangan lauk.



THREAD



  • Mayoritas penduduk di jombang berprofesi sebagai petani. jadi jika terjadi gagal panen atau paceklik. maka akan mempengaruhi daya beli masyarakat disana. permintaan tahu akan turun jika terjadi paceklik
  • Banyaknya pabrik pabrik besar yang mempunyai mesin mesin pengolah tahu yang lebih canggih dan mempunyai SDM yamg lebih banyak sehingga bisa memproduksi lebih banyak tahu

SUMBER DAYA BERWUJUD



  • gedung tempat operasi milik sendiri
  • memiliki karyawan ahli yang pernah bekerja lama di pabrik tahu besar
  • memiliki pasokan persediaan bahan baku berkualitas  yang selalu tercukupi untuk kebutuhan produksi
SUMBER DAYA TIDAK BERWUJUD
  • mempunyai citra yang baik di masyarakat sekitar dan pelanggan sebagai pembuat tahu yang murah tetapi dengan kualitas tinggi dan rasa yang enak
KEMAMPUAN
  • Kekuatan utama industri bu Desi ada pada cita rasa tahu yang unggul dibanding pesaing pesaingnya
  • Tahu bu Desi ini tidak mudah basi dan rusak meski tahu ini dibawa keluar kota dan tanpa bahan pengawet tentunya. rata rata tahu pesaingnya akan berubah busuk atau berubah rasa jika di bawa keluar kota tanpa disimpan di lemari es dan tidak akan tahan lebih dari 1 hari. setelah 1 hari tahu tahu pesaingnya akan berubah rasa bau dan bahkan cepat busuk. sedangkan tahu Bu Desi bisa tahan 3 hari tanpa ada perubahan rasa bau dan tidak busuk. hal ini sering diungkapkan dari beberapa pelanggannya
  • Bu Desi mempunyai 1 karyawan ahli pembuat tahu yang sudah sangat berpengalaman karena lamanya bekerja disuatu pabrik tahu yang cukup besar di Jombang
  • Memproduksi berbagai macam olahan tahu antara lain tahu putih, tahu kuning, tahu bakso, tahu bulat dan sari kedelai
  • produksinya tidak hanya dijual di Jombang saja, dibantu dengan anaknya produksi tahu ibu desi ini dipasarkan di kota Surabaya dan Malang
  • Bu Desi dan karyawan selalu mempertahankan keramahtamahan saat proses jual beli sehingga pelanggan akan merasa nyaman berbelanja.
KEMAMPUAN INTI 
  • Kekuatan utama industri bu Desi ada pada cita rasa tahu yang unggul dibanding pesaing pesaingnya
  • Tahu bu Desi ini tidak mudah basi dan rusak meski tahu ini dibawa keluar kota dan tanpa bahan pengawet tentunya. rata rata tahu pesaingnya akan berubah busuk atau berubah rasa jika di bawa keluar kota tanpa disimpan di lemari es dan tidak akan tahan lebih dari 1 hari. setelah 1 hari tahu tahu pesaingnya akan berubah rasa bau dan bahkan cepat busuk. sedangkan tahu Bu Desi bisa tahan 3 hari tanpa ada perubahan rasa bau dan tidak busuk. hal ini sering diungkapkan dari beberapa pelanggannya
  • Bu Desi mempunyai 1 karyawan ahli pembuat tahu yang sudah sangat berpengalaman karena lamanya bekerja disuatu pabrik tahu yang cukup besar di Jombang
  • Memproduksi berbagai macam olahan tahu antara lain tahu putih, tahu kuning, tahu bakso, tahu bulat dan sari kedelai
  • produksinya tidak hanya dijual di Jombang saja, dibantu dengan anaknya produksi tahu ibu desi ini dipasarkan di kota Surabaya dan Malang

KEUNGGULAN BERSAING BERKESINAMBUNGAN
  • Kekuatan utama industri bu Desi ada pada cita rasa tahu yang unggul dibanding pesaing pesaingnya
  • Tahu bu Desi ini tidak mudah basi dan rusak meski tahu ini dibawa keluar kota dan tanpa bahan pengawet tentunya. rata rata tahu pesaingnya akan berubah busuk atau berubah rasa jika di bawa keluar kota tanpa disimpan di lemari es dan tidak akan tahan lebih dari 1 hari. setelah 1 hari tahu tahu pesaingnya akan berubah rasa bau dan bahkan cepat busuk. sedangkan tahu Bu Desi bisa tahan 3 hari tanpa ada perubahan rasa bau dan tidak busuk. hal ini sering diungkapkan dari beberapa pelanggannya
  • Bu Desi mempunyai 1 karyawan ahli pembuat tahu yang sudah sangat berpengalaman karena lamanya bekerja disuatu pabrik tahu yang cukup besar di Jombang
  • Memproduksi berbagai macam olahan tahu antara lain tahu putih, tahu kuning, tahu bakso, tahu bulat dan sari kedelai

DAYA SAING



  • Kekuatan utama industri bu Desi ada pada cita rasa tahu yang unggul dibanding pesaing pesaingnya
  • Tahu bu Desi ini tidak mudah basi dan rusak meski tahu ini dibawa keluar kota dan tanpa bahan pengawet tentunya. rata rata tahu pesaingnya akan berubah busuk atau berubah rasa jika di bawa keluar kota tanpa disimpan di lemari es dan tidak akan tahan lebih dari 1 hari. setelah 1 hari tahu tahu pesaingnya akan berubah rasa bau dan bahkan cepat busuk. sedangkan tahu Bu Desi bisa tahan 3 hari tanpa ada perubahan rasa bau dan tidak busuk. hal ini sering diungkapkan dari beberapa pelanggannya

VALUE CHAIN MODEL M PORTER







JADI NILAI IFAS = TOTAL KEKUATAN (STRENGTH) + TOTAL KELEMAHAN (WEAKNESS)

3 + (-2.20) = (0.80)




JADI NILAI EFAS = TOTAL PELUANG (OPPORTUNITY) + TOTAL ANCAMAN (THREAD)

3.54 + (-2.72) = (0.82)








VARIASI STRATEGI YANG DIGUNAKAN

PADA KUADRAN I (SO)

Pengembangan Pasar (Market Development)

 Memperkenalkan produk-produk yang sudah ada kedaerah 

pemasaran yang baru (pangsa pasar bertambah).Dengan strategi 

ini produk tahu bu desi akan sangat memungkinkan untuk 

dikenal di seluruh Indonesia maupun mancanegara

PADA KUADRAN II (ST)

 Usaha  Patungan  (Join Venture)
Dua atau lebih usaha bekerjasama membentuk suatu usaha baru yang terpisah dari kedua induknya. Dengan strategi ini bu desi bisa menawarkan untuk bergabung dengan industri tahu yang masih kecil lainnya untuk bergabung menjadi satu industri tahu yang besar sehingga akan meningkatkan modal 

PADA KUADRAN III (WO)

Pengembangan Produk (Product  Development)
Meningkatkan penjualan dengan cara memperbaiki atau mengembangkan produk-produk yang sudah ada.Strategi ini bisa diterapkan dengan membuat kemasan produk yang lebih menarik dan modern dari yang sebelumnya hanya menggunakan kantong plastik saja.

PADA KUADRAN IV (WT)

 Diversifikasi Kosentrik (Concentric Diversification)
Menambah produk-produk baru yang saling berhubungan untuk pasar yang sama. Strategi ini bisa diterapkan dengan menciptakan varian produk tahu baru seperti tahu sutera, puding tahu, atau tahu isi ayam dan lain sebagainya 


STRATEGI UNIT BISNIS YANG DIGUNAKAN : DIFERENSIASI

Diferensiasi adalah mengambil pelanggan sebagai titik perhatian utama. Strategi ini menitik beratkan pada membangun persepsi pembeli akan keungulan kualitas, desain produk, teknologi, jaringan distribusi, image berat, bahan atau pelayanan.
strategi ini dipilih karena :
Ketrampilan dan Sumberdaya Umum yang di perlukan
kemampuan pemasaran yang kuat
  dibantu dengan relasinya, saat ini tahu bu desi tidak hanya dipasarkan dijombang saja tetapi  juga di Surabaya dan Malang
bakat yang kreatif
  Dengan ide ide kreatif bu Desi dalam menciptakan variasi produk, sangat memungkinkan sekali industri tahu bu Desi tidak akan pernah mati
Reputasi yang baik
  sejak dari dulu, tahu bu desi terkenal dengan harga yang murah dan rasa yang enak
kerjasama yang kuat dari saluran-saluran.

  Dengan mempunyai chanel chanel suplier kedelai yang banyak, bahan baku bu Desi tidak akan kehabisan stok. Disamping itu bu Desi bisa memilih suplier termurah tetapi dengan kualitas terbaik


VALUE CHAIN UNTUK DIFERENSIASI

Adanya kesesuaian antara kemampuan perusahaan untuk menciptakan keunikan yg sesuai dg permintaan para pelanggan.Ada empat tahap :
đź”—Menciptakan sebuah analisa rantai nilai
Dibuat rantai nilai yg terpisah utk setiap kelompok pelanggan.
Segmen bawah :tahu dijual tidak fokus pada packaging maupun varian  tetapi fokus pada banyaknya jumlah tahu yang diberikan kepelanggan dengan tingkat harga yang sama dengan pesaing

Segmen atas : tahu dijual dengan kemasan yang menarik , dengan memperkenalkan berbagai varian unik, dan dipasarkan dengan e- commerce

đź”’Identifikasi faktor penentu diferensiasi

  dengan menggunakan kemasan yang 

menarik dan berbagai variasi olahan tahu 

yang unik

🔑Pilih dan tentukan faktor-faktor kunci
Kekuatan utama industri bu Desi ada pada cita rasa tahu yang unggul dibanding pesaing pesaingnya
Tahu bu Desi ini tidak mudah basi dan rusak
Mempunyai karyawan ahli pembuat tahu yang sudah sangat berpengalaman karena lamanya bekerja disuatu pabrik tahu yang cukup besar di Jombang
Memproduksi berbagai macam olahan tahu antara lain tahu putih, tahu kuning, tahu bakso, tahu bulat dan sari kedelai
produksinya tidak hanya dijual di Jombang saja
mempertahankan keramahtamahan saat proses jual beli sehingga pelanggan akan merasa nyaman berbelanja.
 
🔌Tempatkan keterkaitan antara rantai 
nilai perusahaan dan pelanggan.

  menciptakan nilai bagi pelanggan

meliputi :

Menurunkan biaya

  dengan memilih suplier yang murah dan

berkualitas maka harga bahan baku bisa

 ditekan sehingga harga produk bisa 

lebih murah

Memberi produk diferensiasi pada

aktivitas pelanggan

  dengan memberikan kemasan produk

 yang menarik dan mengembangkan 

berbagai varian produk tahu yang 

kemudian dijual melalui e-commerce








SOP PRODUKSI TAHU













Unknown

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar:

Posting Komentar