Cute Ghost Boo MANAJEMEN STRATEGIK RUMAH SAKIT SILOAM | Hiii This IS PANDU :)

MANAJEMEN STRATEGIK RUMAH SAKIT SILOAM

by 03.53 1 komentar

RUMAH SAKIT SILOAM


LATAR BELAKANG

1. Didirikan tahun 1996, melalui usaha bersama PT. LippoLang Development Tbk dan Pengembangan Gleneagles Singapura berdasarkan Healthcare LTD.

2. Bulan September tahun 2000, Perusahaan melakukan pengabungan usaha dengan PT. Baligraha Medikatama, tbk

3. Tahun 2001 mencapai ISO akreditasi untuk Lippo Karawaci dan Graha Medika (sekarang menjadi Siloam Hospitals Kebun Jeruk)

4. Tahun 2002 membuka Siloam Hospitals Lippo Cikarang.

5. Tahun 2002 mengakuisisi rumah sakit swasta tertua di Surabaya, Rumah sakit Budi Mulia sekarang Siloam Hospitals Surabaya.

6. Pada bulan Juli Tahun 2004 perusahaan ini bergabung dengan Lippo Karawaci, Tbk

7. Tahun 2005 membuka khusus rawat jalan di Jakarta pusat Klinik Specialis Semanggi di mall Plaza Semanggi.

8. Tahun 2006 memperkenalkan identitas merk tunggal di semua rumah sakit Siloam Hospitals.

9. Bulan September Tahun 2007 SHLV menjadi rumah sakit pertama yang diberi akreditasi Joint Commision International oleh America Serikat.

10. Bulan Desember Tahun 2007 SHLV & SHLK memperkenalkan Dual Source CT Siemens yang tercanggih di Indonesia.

11. Bulan Desember tahun 2007 Siloam Hospitals Surabaya memiliki generasi terbaru Philips 1,5 T MRI & MSCT 64 Slice.


VISI


- Berkualitas Internasional

- Menjangkau Seluruh Lapisan Masyarakat

- Memilki Jaringan Yang Kuat

- Melayani Dengan Belas Kasih Dari Tuhan



MISI

Pilihan Terpercaya Untuk Mendapatkan Pelayanan Kesehatan, Pendidikan Kesehatan dan Penelitian yang Holistik.



TUJUAN

-Meningkatkan mutu pelayanan secara profesional yang berfokus pada pasien melalui penerapan standart keperawatan secara konsisten.

-Tercapainya kepuasan pelanggan terhadap pelayanan keperawatan.

-Meningkatkan hubungan kerja melalui komunikasi efektif dengan semua karyawan

-Terciptanya iklim yang menunjang bagi pengembangan karyawan melalui pelaksanaan program pelatihan.

-Tersedianya fasilitas dan peralatan yang mendukung pelayanan profesional.


SASARAN

- 95% respon time pasien dilayani dengan cepat

-90% pasien puas dengan pelayanan rumah sakit

-100% karyawan mengikuti pelatihan


-100% identifikasi pasien dilakukan dengan benar

-Angka kejadian medication error kurang dari 5%



ANALISIS VISI MISI TUJUAN DAN SASARAN APAKAH SESUAI DENGAN KRITERIA SMART?

Menurut analisa saya visi yang dimiliki bagus karena berorientasi ke depan,menunjukan keyakinan masa depan yang jauh lebih baik, dan juga menunjukan standar keunggulan dan cita cita yang ingin dicapai.

Menurut analisa saya misi yang dimiliki juga sudah baik karena sudah mencerminkan tentang penjelasan pelayanan yang ditawarkan dan menunjukkan secara jelas mengenai apa yang hendak dicapai 

Menurut analisa saya tujuan perusahaan sudah bagus karena merupakan penjabaran dari misi, tujuan selaras dengan visi dan misi,menggambarkan arahan yang jelas dari organisasi dan harus menantang, namun realistik dan dapat dicapai.

Menurut analisa saya sasaran perusahaan sudah baik karena terukur dan sebagai indikator tingkat keberhasilan dari tujuan yang telah ditetapkan

Jadi kesimpulannya visi misi tujuan dan sasaran sesuai dengan kriteria SMART (specific, measurable, achievable, realistic, time bound) karena visi misi tujuan dan sasaran perusahaan tergambarkan secara detail dan fokus, mudah dicapai,sesuai dengan relita dan ada batasan waktu

ANALISA SWOT ( STRENGTH, WEAKNESS, OPPORTUNITY, THREAD

Strenght (Kekuatan)

1. Pelayanan jasa yang di tawarkan sesuai dengan yang di harapkan oleh pelanggan.
2. RS. Siloam Memiliki 9 daerah dan kantor cabang di seluruh Indonesia dan terus berkembang hingga saat ini.
3. Rumah Sakit Siloam telah memiliki beberapa rumah sakit, klinik spesialis dan pusat pengobatan kanker.
4. Standart pelayanannya mengacu pada standar internasional.
5. Memiliki Profesor, Dokter, dan Perawatan Medis yang sudah professional.
6. Bangunan RS. Siloam menyerupai hotel di dalamnya (seperti : Minimarket,Restoran, dan Cafetaria)
7. RS. Siloam memiliki peralatan terlengkap dan perlengkapan yang canggih (seperti : Analis laboratorium, Radiologi, dan Cath lab)
8. RS. Siloam meneraptan teknologi IT yang terintegrasi di seluruh area cabang.
9. Selalu memberikan inovasi-inovasi baru dalam pelayanannya.
10. Pelayanan yang terbaik cukup sesuai dengan pelayanan exelence yang diberikan pada customer.

Weakness (Kelemahan)

1. RS. Siloam Surabaya tempat bangunannya kurang besar & lebar.
2. Sempitnya area tempat parkir RS. Siloam Surabaya (kurang luas)
3. Dari jaman dulu sampai sekarang mengurus administrasi pada saat pasien pulang sangat lama (-,+) 1 jam/lebih.
4. Sistem manajemen mutu terkait SDM nya masih lemah.
5. Sistem job desk karyawan masih tidak beraturan.
6. Budaya telat masih jadi kebiasaan

Opportunity (Peluang)

1. RS. Siloam sudah memiliki brand yang cukup terkenal dalam pelayanannya.
2. Inovasi yang di ciptakan selalu dijadikan contoh oleh kompetitor.
3. Dukungan teknologi internet yang terkait.
4. Peralatan lengkap dan Pelayanan Terbaik membuat RS. siloam untuk berekspansi jaringan ke luar negeri (Mendunia)
5. RS. Siloam Buka operasional 24 jam

Threat (Ancaman)

Pelayanan Rate harga kamar relatif mahal dari kempetitor.
1. Semakin berkembangnya buka pelayanan Rumah Sakit baru di berbagai tempat.
2. Banyak bermunculan Rumah Sakit baru dengan berbagai bentuk tawaran yang menarik


ANALISIS SUMBER DAYA SAING

sumber daya yang dimiliki ( berwujud maupun tidak berwujud )

-terakreditasi A
-memiliki cabang di beberapa kota besar di indonesia
-untuk siloam lippo vilage di jakarta sudah diakui JCI terakreditasi internasional
-memiliki alat alat kedokteran yang canggih seperti  USG 3 dimensi, MRI , dan alat hemodialisa
-sebagai stroke center, caterisasi jantung center, dan kemoterapi center
-memiliki klinik fisioterapi, tumbuh kembang anak, dan rehabilitasi medik
-memiliki dokter dokter dengan jam terbang pengalaman yang tinggi
-didalam gedungnya terdapat fasilitas yang memanjakan pengunjung seperti taman bermain, excelco, holland bakery, iwake ,dan minimarket
-memiliki shutle car yang mengantarkan pengunjung dari siloam ke grand city begitupun sebaliknya sehingga bisa dimanfaatkan pengunjung untuk ngemall sambil menunggu obat.
-delivery obat ke rumah pasien
memiliki armada ambulance yang siap 24 jam dan untuk siloam lippo village di jakarta mempunyai armada ambulance helikopter untuk mempermudah evakuasi pasien.
-mempunyai klinik bayi tabung untuk pasien yang susah mendapatkan keturunan.
-menyediakan produk asuransi dari siloam (mediplus) dimana dengan premi yang murah pasien sudah dapat menggunakan untuk rawat jalan rawat inap dan obat.

sumber daya yang baik

-terakreditasi A
-memiliki cabang di beberapa kota besar di indonesia
-untuk siloam lippo vilage di jakarta sudah diakui JCI terakreditasi internasional
-memiliki alat alat kedokteran yang canggih seperti  USG 3 dimensi, MRI , dan alat hemodialisa
-sebagai stroke center, caterisasi jantung center, dan kemoterapi center
-memiliki klinik fisioterapi, tumbuh kembang anak, dan rehabilitasi medik
-memiliki dokter dokter dengan jam terbang pengalaman yang tinggi
-didalam gedungnya terdapat fasilitas yang memanjakan pengunjung seperti taman bermain, excelco, holland bakery, iwake ,dan minimarket
-memiliki shutle car yang mengantarkan pengunjung dari siloam ke grand city begitupun sebaliknya sehingga bisa dimanfaatkan pengunjung untuk ngemall sambil menunggu obat.
-delivery obat ke rumah pasien
-memiliki armada ambulance yang siap 24 jam dan untuk siloam lippo village di jakarta mempunyai armada ambulance helikopter untuk mempermudah evakuasi pasien.
-mempunyai klinik bayi tabung untuk pasien yang susah mendapatkan keturunan.
-menyediakan produk asuransi dari siloam (mediplus) dimana dengan premi yang murah pasien sudah dapat menggunakan untuk rawat jalan rawat inap dan obat.

sumber daya yang  tidak dimiliki pesaing

-untuk siloam lippo vilage di jakarta sudah diakui JCI terakreditasi internasional
-memiliki alat alat kedokteran yang canggih seperti  USG 3 dimensi, MRI , dan alat hemodialisa
-sebagai stroke center, caterisasi jantung center, dan kemoterapi center
-memiliki klinik fisioterapi, tumbuh kembang anak, dan rehabilitasi medik
-memiliki shutle car yang mengantarkan pengunjung dari siloam ke grand city begitupun sebaliknya sehingga bisa dimanfaatkan pengunjung untuk ngemall sambil menunggu obat.
-delivery obat ke rumah pasien.
-mempunyai klinik bayi tabung untuk pasien yang susah mendapatkan keturunan.
-menyediakan produk asuransi dari siloam (mediplus) dimana dengan premi yang murah pasien sudah dapat menggunakan untuk rawat jalan rawat inap dan obat.

sumber daya inti

-memiliki alat alat kedokteran yang canggih seperti  USG 3 dimensi, MRI , dan alat hemodialisa
-sebagai stroke center, caterisasi jantung center, dan kemoterapi center
-memiliki klinik fisioterapi, tumbuh kembang anak, dan rehabilitasi medik
-mempunyai klinik bayi tabung untuk pasien yang susah mendapatkan keturunan.
-menyediakan produk asuransi dari siloam (mediplus) dimana dengan premi yang murah pasien sudah dapat menggunakan untuk rawat jalan rawat inap dan obat.

daya saing

-memiliki alat alat kedokteran yang canggih seperti  USG 3 dimensi, MRI , dan alat hemodialisa
-sebagai stroke center, caterisasi jantung center, dan kemoterapi center
-memiliki klinik fisioterapi, tumbuh kembang anak, dan rehabilitasi medik
-mempunyai klinik bayi tabung untuk pasien yang susah mendapatkan keturunan.
-menyediakan produk asuransi dari siloam (mediplus) dimana dengan premi yang murah pasien sudah dapat menggunakan untuk rawat jalan rawat inap dan obat.







 












MATRIKS STRATEGI UMUM








  
 
BISNIS PROSES SILOAM

SOP PELAYANAN

 

 


















Unknown

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

1 komentar: